Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Dengan Metode Grafik

Diposting pada

Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Dengan Metode Grafik

 

Pembahasan kali ini adalah mengenai Sistem Persamaan Linear DuaVariabel Dengan Metode Grafik SMP Kelas VIII, materi ini di dapatkan ketika duduk di bangku sekolah menengah pertama kelas VIII pada saat duduk dibangku sekolah inilah kalian akan di ajarkan mengenai Sistem Persamaan Linear DuaVariabel Dengan Metode Grafik.

 

 

Mungkin kalian kurang paham mengenai penjelasan dari bapak  guru atau ibu guru di sekolah tentang Sistem Persamaan Linear DuaVariabel Dengan Metode Grafik, namun kalian mendapatkan tugas untuk menjawab soal – soal mengenai Sistem Persamaan Linear DuaVariabel Dengan Metode Grafik. Mungkin artikel ini sangat membantu untuk menjawab soal – soal dari guru kalian.

 

 

Perlu kalian ketahui bahwa yang dinamakan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel mempunyai Dua variable tentunya yaitu x dan y.

Contoh :

p1x + q1y = r1

p2x + q2y = r2

dengan p1, p2, q1,q2, r1dan r2.

Dari contoh tersebut itulah yang dinamakan system persamaan linear dua variabel.

Maka dapat di definisikan :

  • Persamaan linear dua variabela dalah persamaan yang hanya memiliki dua variabel dan masing – masing variable berpangkat satu.
  • Penyelesaian Persamaan linear dua variable dapat di tentukan dengan cara mencari nilai variabel yang memenuhi kedua persamaan linear dua variable tersebut.

Sebenarnya ada beberapa macam metode yang digunakan untuk penyelesaian Persamaan linear dua variable tapi kali ini yang akan kita bahas adalah mengenai metodegrafik sebagaiberikut :

  • Metodegrafik merupakan metode mencari Persamaan linear dua variable dengan menggambar pada koordinat cartesius dan mencari titik potong.
  • Himpunan penyelesaian merupakan titik potong garis – garis tersebut.
Read More:   Penerapan SPLDV dalam Bentuk Lainnya

 

Agar lebih paham perhatikan contoh soal di  bawah ini :

 

1 ) tentukanlah himpunan penyelesaian dari SPLDV 4x + y = 8 dan x + y = 6 dengan menggunakan metode grafik !

Jawab :

Grafik :

 

Koordinat titik potong kedua grafik tersebut adalah (1,5). Dengan demikian, penyelesaian system persamaan linear dua variable tersebut adalah x = 1, y = 5.

Jadi himpunan penyelesaian system persamaan linear dua variable adalah {(1,3)}.

 

2 ) tentukanlah himpunan penyelesaian dari SPLDV 2x + y = 4 dan x + y = 3 dengan menggunakan metode grafik !

Jawab :

Grafik :

 

Koordinat titik potong kedua grafik tersebut adalah (2, 1). Dengan demikian, penyelesaian system persamaan linear dua variable tersebut adalah x = 1, y = 2.

Jadi himpunan penyelesaian system persamaan linear dua variable adalah {(1, 2}.

 

Terimakasih semoga ilmu yang baru saja kalian dapatkan bisa bermanfaat dan berguna.

Baca Juga :