Sifat-Sifat Operasi Bilangan Berpangkat

Diposting pada
Sifat-Sifat Operasi Bilangan Berpangkat
Rate this post

Sifat-Sifat Operasi Bilangan Berpangkat

Kali ini kita akan membahasa tentang sifat-sifat pada operasi bilangan berpangkat. Materi ini biasanya sudah dikenal dari sejak SD namun lebih didalami ketika kita memasuki SMP khususnya kelas 9. Disini kita akan membahas tentang materi dan akan dilanjutkan dengan beberapa contoh soal agar kita bisa lebih memahami tentang materi ini.

Apa kalian berfikir materi itu sulit?? Jika kalian berpikir bahwa tugas itu memang sangat sulit untuk dipelajari, maka ada yang salah dengan pemikiran kalian. Jika sudah memiliki pemikiran yang seperti itu, maka kemungkinan kalian tidak akan bisa mengerjakannya, bahwasannya pemikiran seperti itu merupakan sugesti belaka yang hanya membuat kalian benar-benar tidak bisa menyelesaikan problem dari salah satu materi math ini sahabat.

So, tanpa banyak basa-basi lagi, silahkan diamati, dicermati, dipahami dengan hati, pikiran, dan jiwa yang tenang…. Ingin tahu lebih lagi tentang math?? Yukkks, lanjuutt ke materi kali ini… Let’s learn about it together!!

 

 

 

Sifat-sifat operasi bilangan berpangkat

 

Sifat-sifat operasi bilangan bulat berpangkat positif untuk sembarang bilangan real a dan b serta bilangan bulat m dan n berlaku sifat-sifat berpangkatan berikut.

  1. am × an = am+n
  2. am / an = (a)m-n, m > n, dan a ≠ 0
  3. (am)n = am×n
  4. (a × b)m = ambm
  5. (a : b)m = am : am, b ≠ 0

 

 

Contoh :

Sederhanalanlah bentuk pangkat dibawah ini dan tuliskan hasilnya dalam bentuk pangkat positif!

  1. b3 × b2 = b3+2 = b5
  2. b7 : b3 = b7 / b3 = b7-3 = b4
  3. (a4b2)3 = a4×3b2×3 = a12b6
  4. a2 × a6 = a2+6 = a8

 

 

Math is really easy if you want to learn about math. Ya, kalian pasti bisa belajar math dengan mudah. Maka dari itu kita harus selalu semangat dan berfikir positif. Jadi semoga bacaan ini bermanfaat bagi kita semua.

Read More:   Belajar Bilangan Bulat Berpangkat Negative

~TERIMAKASIH~

Baca juga :