Persamaan Matriks Bentuk AX=B dan XA=B

Diposting pada

smp4

Persamaan Matriks Bentuk AX=B dan XA=B

Kali ini saya akan membahas materi matriks lainnya. BENTUK MATRIKS AX=B DAN XA=B adalah salah satunya materi matriks yang terbilang mudah. Intinya, MATH IS EASY GUYSS… Jadi, jangan bosan-bosan belajar math, math adalah pelajaran yang lebih menantang dari pelajaran lainnya. Itu dia kelebihan math. Jika ada kelebihan maka ada kelemahan, tapi jangan cari kelemahan itu di math.. J Oke udah nggak sabar mau belajar math lagi?? Okeoke, tenang dulu, sabaaarr. Sabar kan bakalan disayang Tuhan dan akuu.. ( eaak )

Eehh, tapi, gimana hasil belajar kalian setelah melihat dan mempelajari materi yang saya berikan? Kalau ada yang tidak jelas, monggo ditanyakan, tidak usah malu-malu. Malu bertanya sesat dijalan loo. ( tapi sekarang kan ada gps??) Oke, tidak usah pusing-pusing lagi, pasti kalian tidak sabar untuk belajar math lagi kaann?? Udah deh akuin aja kalo math itu bener-bener seruu..

Langsung aja kita lanjuuutt. Let’s learn about it together!!

Matriks AX=B dan XA=B

 

  • AX = B

          X = A-1 B

  • XA = B

          X = B A-1

contoh :

1. Carilah matriks X :

matriks-1

Jawab :

matriks-2

matriks-3

2. A, B dan X adalah matriks persegi berordo 2×2. Matriks X memenuhi persamaan AX = B. Jika diketahui

matriks-4

hitung determinan X !

Jawab :

AX = B

X = A-1 B

matriks-5

matriks-6

X adalah matriks berordo 2×2 yang memenuhi persamaan AX = B. Tentukan matriks X!

Jawab :

AX = B

X = A-1 B

matriks-7

Oke, itu tadi beberapa contoh yang semoga dapat membantu kalian mengerjakan soal-soal matriks yang bervariasi.

~ SEMOGA BERMANFAAT ~

GOOD LUCK

Baca juga :

Read More:   Kumpulan Pembahasan Soal Matriks