Mudahnya Memahami Konsep Titik, Garis, dan Bidang

Diposting pada

index

Mudahnya Memahami Konsep Titik, Garis, dan Bidang

Salam sapa sahabat semua. Sebelum masuk ke inti pembahasan artikel, kali ini ada sedikit bocoran yaitu artikel akan membahas materi yang sangat sederhana dan mungkin tidak banyak orang yang memikirkan dan mengetahuinya. Siapa yang tahu materi matematika apa itu? Ada yang tahu? Okey aku kasih tahu ya sahabat ternyata dalam matematika kita tidak hanya membahas tentang angka, namun ada beberapa materi matematika yang berhubungan dengan suatu istilah yang disebut unsur- unsur yang tidak didefinisikan. Nah pertanyaan lagi nih sahabat, ada yang tahu apa itu unsur- unsur yang tidak didefinisikan? Penasaran? Sahabat artikel kali ini kita akan membahas tentang titik, garis, dan bidang. Langsung ikuti saja mari sahabat…..

Menemukan Konsep Titik, Garis, dan Bidang

 

  • Titik merupakan suatu istilah yang disebut dengan unsur-unsur yang tidak didefinisikan maksudnya adalah unsur yang mudah dipahami namun sulit untuk didefinisikan. Titik tidak memiliki ukuran baik itu berat, panjang, lebar, maupun tinggi. Dan biasanya titik dideskripsikan menggunakan tanda noktah, misalnya : titik P pada gambar di bawah ini,

          titik-1

         Melukis atau menggambar sebuah titik dapat menggunakan ujung benda, seperti dengan ujung pensil, pena,

         jangka, atau kapur yang ditekan pada bidang tulis atau permukaan kertas atau papan tulis.

  • Suatu garis direprentasikan oleh suatu garis lurus dengan dua tanda panah disetiap ujungnya yang mengindikasikan bahwa garis tersebut dapat diperpanjang tanpa batas. Perhatikan garis g pada gambar dibawah ini.

      titik-2

          garis adalah kumpulan titik-titik yang banyaknya tak terhingga dengan jarak antar titiknya sangat dekat. Pada

Read More:   Ukuran Tendensi Sentral (Median) : SMP Kelas 9

          dua titik sembarang pasti dapat ditarik satu garis lurus malalui kedua titik tersebut. Garis juga merupakan

          unsur geometri satu dimensi. Karena hanya memiliki unsur panjang saja (linier).

  • Suatu bidang dipresentasikan oleh permukaan meja atau dinding. Tentunya bidang tersebut dapat kita perbesar dengan memperpanjang sisi-sisi yang membentuk bidang tersebut. Perhatikan bidang Q pada gambar dibawah ini.

titik-3

          Sekian artikel kali ini sahabat semoga bermanfaat selalu dan selalu mempelajari matematika ya sahabat.

~TERIMAKASIH~

GOOD LUCK

Baca juga :