Menyelesaikan Pernyataan Dalam Logika Matematika

Diposting pada
Menyelesaikan Pernyataan Dalam Logika Matematika
Rate this post

Menyelesaikan Pernyataan Dalam Logika Matematika

 

Artikel kali ini akan membahas mengenai Menyelesaikan Pernyataan Dalam Logika Matematika, materi ini merupakan materi yang paling menarik karena kita akan bermain dengan yang namanya logika.

 

Materi ini merupakan materi sekolah menengah kejuruan kelas X semester dua, kalian akan mulai di ajarkan mengenai pernyataan – pernyataan dalam logika matematika, waaah menarik bukan materi kali ini. Agar kalian lebih paham perhatikan penjelasan dan contoh soal di bawah ini :

 

Pernyataan

Tahukah kalian bahwa pernyataan dalam logika matematika juga di sebut kalimat deklratif yang merupakan kalimat yang mempunyai nilai benar atau salah, namun bukan berati bisa di pakai secara bersama – sama atau dia bisa bernilai benar dan salah dalam sekaligus (tentunya suatu hal yang sangat tidak mungkin). Nilai kebenaran ( benar atau salah ) dapat di buktikan dan untuk membuktikan kebenaran tersebut terkadang di perlukan observasi ( penyelidikan ). Ingat kebenaran dari pernyataan yang memerlukan observasi dinamakan kebenaran factual .

 

Agar lebih mengerti perhatikan contoh soal di bawah ini :

Contoh :

1 .      Gaji ibu siti Rp2.500.000,00 per bulan.

Kalimat di atas akan bernilai benar apabila faktanya memang demikian. Dan bernilai salah jika gaji ibu siti tidak Rp2.500.000,00.

 

2 .      Bilangan 10 merupakan bilangan ganjil.

Pernyataan diatas salah, karena bilangan 10 merupakan bilangan genap.

 

Selain pernyataan di atas dalam kehidupan sehari – hari kita juga sering menjumpai kalmat yang bukan pernyataan. Dan kalimat semacam ini tidak bisa di buktikan nilai kebenarannya . kalimat bukan pernyataan sering muncul atau sering kita jumpai dalam bentuk kalimat Tanya, kalimat seru, kalimat perintah, dan kalimat permintaan. Agar lebih paham perhatikan contoh soal di bawah ini :

Read More:   Kalimat Deklaratif (Logika Matematika)

 

1 .      Tolong bayar hutang.

2 .      Apakah adik sudah makan ?

3 .      Tentukan hasil dari 10 – 5 .

4 .      Semoga UAS kalian berjalan dengan Lancar.

 

Kalimat – kalimat seperti itulah yang tidak bisa atau tidak dapat di pastikan nilai kebenarannya (benar atau salah).

 

Terimakasih semoga ilmu yang di dapat bisa bermanfaat dan berguna.  

Baca Juga :