Mengetahui Ingkaran (Negasi) Dari Kalimat Majemuk

Diposting pada
Mengetahui Ingkaran (Negasi) Dari Kalimat Majemuk
Rate this post

Mengetahui Ingkaran (Negasi) Dari Kalimat Majemuk

Artikel kali ini akan membahas mengenai Ingkaran (Negasi) Dari Kalimat Majemuk, materi ini merupakan materi sekolah menengah keatas kelas X semester 2. Materi ini masih tergolong dari logika matematika.

 

Kalian pasti sudah di ajarkan mengenai Ingkaran (Negasi) Dari Kalimat Majemuk, namun pasti di antara kalian yang mempunyai masalah mungkin tidak mengerti, kurang paham atau ada tugas yang lainnya yang kalian bingung dalam menyelesaikan soal – soal. Agar lebih jelas perhatikan penjelasan dan contoh soal di bawah ini.

Ingkaran (Negasi)

Ingkaran (Negasi) dari suatu pernyataan merupakan pernyataan yang memiliki nilai kebenaran yang berlawanan dengan nilai kebenaran pernayataan semula. Untuk menyusun Ingkaran (Negasi) dari suatu pernyataan dapat kita lakukan dengan menambahkan kata “Tidak”, atau “Bukan” di depan (atau ditengah) pernyataan semula.

 

Negasi juga biasanya dilambangkan dengan “~” yang di tulis di depan pernyataan. Jika p suatu pernyataan yang benar maka ~p merupakan pernyataan yang bernilai salah. Demikian juga dengan sebaliknya apabila p pernyataan yang salah maka ~p merupakan pernyataan yang bernilai benar.

 

Agar kalian lebih mengerti perhatikan table di bawah ini :

Agar kalian lebih jelas perhatikan contoh soal di bawah ini :

  1. p : Ayam hewan berkaki dua. (B)

~p : Ayam bukan hewan berkaki dua. (S)

 

  1. p : Mobil mempunyai 3 roda. (S)

~p : Tidak benar Mobil mempunyai 3 roda. (B)

Read More:   Soal dan Pembahasan Konversi Bentuk Persen Ke Bentuk Desimal

 

  1. p : 100 + 100 = 200. (B)

~P : 100 + 100 ≠ 200.(S)

 

Terimakasih semoga ilmu yang di dapatkan bisa bermanfaat dan berguna.

Baca Juga :