Mengenal Unsur-Unsur Pada Kerucut

Diposting pada

KAMIS B

Mengenal Unsur-Unsur Pada Kerucut

 

Haii.. Gimana hasil belajar mathnya?? Tambah suka dengan math?? Harus doonng.. Jangan bosan- bosan belajar math ya geenngs. Kalau kalian bosan itu juga akan berpengaruh terhadap prestasi kalian lohh.. jadi, hilangkan rasa bosan kalaiiaaann…

Bagi kalian yang termasuk golongan anak-anak yang gak suka dan lemah sama matematika ?? haha, maafkan saya J jangan menyerah sebelum berperang, jangan menyerah sebelum mempelajarinya guyys.. karnaa, matematika tidak ada hitung sesulit yang kalian bayangkan loo. Hanya saja kalian perlu menghafal dan memahaami sedikit mengenai materinya. Nah kalian tahu topi ulang tahun yang sering dipakai anak-anak nah itu termasuk rfleksi dari bangun ruang kerucut.

So, tanpa banyak basa-basi lagi, silahkan diamati, dicermati, dipahami dengan hati, pikiran, dan jiwa yang tenang…. Ingin tahu lebih lagi tentang math?? Yukkks, lanjuutt ke materi kali ini… Let’s learn about it together!!

Unsur-unsur kerucut

 

RABU A 1

Gambar di atas menunjukkan sebuah kerucut. Kerucut terdiri dari sisi alas yang berbentuk lingkaran dan sisi lengkung yang selanjutnya disebut selimut kerucut.

Garis OA, OB, dan OC disebut jari-jari alas kerucut.

Garis AB disebut diameter atau garis tengah alas kerucut.

Garis TO disebut tinggi kerucut.

Garis TA dan TB yaitu garis yang meng-hubungkan titik puncak kerucut dengan titik pada keliling alas disebut garis pelukis kerucut.

rabu a 2 rabu a 3

Lihatlah gambar diatas! Gambar (i) berikut ini menunjukkan sebuah kerucut dengan panjang jari-jari alas dan tinggi t. TQ adalah garis pelukis. Dengan menggunakannya teorema phytagoras diperoleh TQ2 = t2 + r2. Sehingga TQ = √t2 + √r2

Kerucut pada gambar (ii) diiris menurut rusuk lengkung dan garis pelukis TQ, kemudian direbahkan sehingga menjadi bidang datar seperti yang ditujukkan pada gambar (ii). Bangun datar yang terjadi disebut jaring-jaring kerucut.

Read More:   Operasi Pengurangan Bentuk Akar SMP

Jaring-jaring kerucut terdiri dari sebuah lingkaran dan sebuah juring lingkaran yang berasal dari selimut kerucut dengan panjang busur pada juring = keliling lingkaran alas.  

   

Nah sahabat sekian dulu kali ini.

~TERIMAKASIH~

Baca juga :