Mengenal Unsur-Unsur Bangun Ruang Tabung

Diposting pada

SELASA

Mengenal Unsur-Unsur Bangun Ruang Tabung

 

Haiii hai…!!! Bagaimana perasaan anda setelah mempelajari materi-materi matematika yang kemarinn???? Ketagihan belajar math??? Itulah yang saya rasakan saat pertama kali menyukai pelajaran math (kirakira pas SMP si). Ternyata math itu pelajaran yang sama mudahnya dengan pelajaran lainnya, kira-kira itu yang saya pikirkan saat menyukai math. Lalu, apa yang kalian pikirkan saat pertama kali menyukai math?? Ataukah belum menyukai math?? Jika kalian berpikir bahwa math hanyalah pelajaran yang memang sangat sulit untuk dipelajari, maka ada yang salah dengan pemikiran kalian. Jika sudah memiliki pemikiran yang seperti itu, maka kemungkinan kalian akan tetap gagal didalam pelajaran math, bahwasannya pemikiran seperti itu merupakan sugesti belaka yang hanya membuat kalian benar-benar tidak bisa menyelesaikan problem didalam math.

Oke sahabat sebelum kepembahasan kalian semua pasti tau dong dengan bedug nah bedug ini merupakan refleksi dari bangun ruang yaitu tabung. Kalian tau apa itu tabung dan apa aja unsur-unsurnya.

So, tanpa banyak basa-basi lagi, silahkan diamati, dicermati, dipahami dengan hati, pikiran, dan jiwa yang tenang…. Ingin tahu lebih lagi tentang math?? Yukkks, lanjuutt ke materi kali ini… Let’s learn about it together!!

Unsur-unsur tabung

 

SELASA 2

Tabung terdiri dari sisi alas yang selanjutnya disebut alas, sisi atas yang selanjutnya disebut tutup, dan sisi lengkung yang selanjutnya disebut selimut tabung.

Sisi alas dan sisi atas (tutup) tabung berbentuk lingkaran yang kongruen (sama bentuknya dan sama ukurannya).

  1. Garis OA, OB, dan OC disebut jari-jari alas tabung.
  2. Garis AB disebut diameter atau garis tengah alas tabung.
  3. Garis BQ atau AP disebut tinggi tabung.
  4. Jarring-jaring tabung terdiri dari dua lingkaran yang sama dan sebangun (kongruen) serta sebuah persegi panjang yang berasal dari selimut tabung dengan:
Read More:   Belajar mudah cara buat jaring-jaring limas

 

Panjang = keliling lingkaran alas, dan lebar = tinggi tabung.

Contoh:

Diketahui tabung dengan ukuran jari-jari 7 cm dan tinggi 18 cm. tentukan ukuran jarring-jaring selimutnya!

Jawab:

selasa 1

Sekian dulu pembahasan kali ini.

~TERIMAKASIH~

Baca juga :