Menentukan Teorema Pytagoras : SMP

Diposting pada

2

Menentukan Teorema Pytagoras : SMP

Haii.. Gimana hasil belajar mathnya?? Tambah suka dengan math?? Harus doonng.. kalo kemarin-kemarin saya runtut membahas tentangbunga dan determinan , kali ini saya akan runtut membahas mengenaiteorema sisa. Sama halnya dengan determinan, barisan dan deret, teorema sisa juga memiliki pembahasan yang mudah dipahami. Jangan bosan- bosan belajar math ya geenngs. Kalau kalian bosan itu juga akan berpengaruh terhadap prestasi kalian lohh.. jadi, hilangkan rasa bosan kalaiiaaann… nah sahabaat kali ini kita akan membahasa tentang pytagoras. Kalian tahu bahwa pytagoras itu berhubungan dengan salah satu bidang datar di matematika nah mau tahu apa itu? Oke dia adalah segitiga. Sahabat tahu rumus pytagoras ini sangat menarik dan sangat tidak membosankan unutk dibahas.
So, tanpa banyak basa-basi lagi, silahkan diamati, dicermati, dipahami dengan hati, pikiran, dan jiwa yang tenang…. Ingin tahu lebih lagi tentang math?? Yukkks, lanjuutt ke materi kali ini… Let’s learn about it together!!

Menentukan Teorema Pytagoras

Perhatikan gambar berikut ini!

pytagoras-1

Luas daerah persegi A = a × a = 3 × 3 = 9 cm2

Luas daerah persegi B = a × a = 3 × 3 = 9 cm2

Luas daerah persegi C = (c1 + c2) + (c3 + c4)

                                         = 9 + 9 = 18 cm2

Ternyata:

Luas daerah persegi C = luas daerah persegi A + luas daerah persegi B.

Dari pernyataan di atas dapat disimpulkan bahwa:

pada setiap segitiga siku-siku (∆PQR), luas daerah persegi pada sisi miring (hipotenusa)sama dengan jumlah luas daerah persegi pada sisi siku-sikunya”.

Pernytaan tersebut dikenal sebagai “Teorema Pytagoras”.

Nah sahabat itu dia pembahasan kita tentang pytagoras yang ada di bangun datar segitiga menarik, asik, dan tidak membosankan kan sahabat? Oke sekian dulu unutk pembahasan kali ini semoga bacaan ini selalu bermanfaat bagi kita semua.

Read More:   Permasalahan Bentuk Akar Dalam Keseharian

~TERIMAKASIH~

Baca juga :