Mencari Volume Tabung: SMP 9

Diposting pada

JUMAT 1

Mencari Volume Tabung: SMP 9

 

Haiii.. masih mau dan nggak bosan belajar math?? Baguus kalau kalian semangat belajar math. Sebagai generasi muda, kita harus bersemangat dalam segala hal. Salah satunya belajar, salah satunya lagi adalah belajar math. J Math is Fun!! Tanamkan kata-kata itu dalam diri, jiwa, dan hidup kalian semua. Kata-kata tersebut bisa saja mensugesti kalian semua supaya semangat belajar mathnya.. Math is really easy if you want to learn about math. Ya, kalian pasti bisa belajar math dengan mudah, manusia tercipta memiliki 39 bakat dalam dirinya, jadi apa salahnya jika salah satunya adalah bakat jago matematika?? Itu sangat luar biasaa….

jadii kalau belum mengerti cara penyelesaiannya, yaaaaa solve your problem by yourself ya kawan-kawaann J cari aja diinternet, katanya generasi milenium yang apa-apa pake tekhnologi, masak nggak bisa ngerjain determinan doaangg. monggo dintanya mbah googlenya, mbah google mah tau segalanya, jadi kalian tinggal ketik volume tabung dikolom search, bakalan ada ratusan artikel yang dapat membantu kalian. Jadi, jika ada kemauan belajar, pasti akan bisa mengerjakan suatu hal yang dianggap mustahil.

So, tanpa banyak basa-basi lagi, silahkan diamati, dicermati, dipahami dengan hati, pikiran, dan jiwa yang tenang…. Ingin tahu lebih lagi tentang math?? Yukkks, lanjuutt ke materi kali ini… Let’s learn about it together!!

Volume tabung

 

Volume tabung = volume prisma

                             = luas alas prisma × tinggi prisma

                             = luas alas tabung × tinggi tabung

                             = luas lingkaran × t

                             = ? r2 × t     atau   ?r2t

Untuk setiap tabung (silinder) berlaku rumus berikut.

Read More:   Materi Deret Geometri SMP

V = ?r2t

Keterangan:

V = volume;

t = tinggi;

r = jari-jari alas;

nilai ? = 3,14       atau   ? = 22/7

contoh:

sebuah tabung diketahui jari-jarinya 6 cm, tingginya 7 cm, dan ? = 22/7. Hitunglah volume tabung tersebut!

Jawab:

V       = ?r2t

          = 22/7 × 62 × 7

          = 22 × 36

          = 729

Jadi, volumenya adalah 729 cm3.

Oke sahabat sekian dulu.

~TERIMAKASIH~

Baca juga :