Mencari Nilai Suku Banyak Menggunakan Metode Subtitusi Dan Metode Menurun

Diposting pada

mtk-3

Mencari Nilai Suku Banyak Menggunakan Metode Subtitusi Dan Metode Menurun

Annyeonghaseyoo ~ Haii.. Topik kali ini adalaahhhh…. tentang polinominal. Polinominal atau suku banyak memiliki berbagai macam metode dalam proses pencarian hasil dan sisanya. Dan 2 metode yang ada di polinominal adalah metode subtitusi dan metode menurun yang mana akan saya bahas kali ini. Pasti kalian akan merasa mudah dengan salah satu metode yaitu metode subtitusi. Kenapa? Karena metode subtitusi adalah metode yang hanya memasukkan angka yang sudah diketahui dalam soal, biasanya dengan menggunakan metode subtitusi kalian akan langsung dengan mudah menemukan jawaban atas soal yang diberikan oleh guru kalian.

Tujuan adanya berbagai macam metode dalam menyekesaikan soal polinominal adalah untuk mempermudah kalian untuk menemukan hasil dan sisa. Bila menggunakan metode menurun adalah metode yang ribet dan panjang, dan menurut kalian masih lebih efisien menggunakan metode subtitusi, itu bahkan hal yang sah sah saja untuk kalian. Karna hakikatnya setiap orang memiliki sesuatu yang berbeda- beda.

Itulah matematika, selalu ada cara mudah menyelesaikan suatu persoalan yang diberikan. Oke langsung saja ke pembahasan mengenai polinominal. Let’s learn about it together!!

Polinominal Metode Subtitusi dan Menurun

 

  1. Metode subtitusi

Merupakan metode yang mana hanya memasukkan nilai f(x) yang ditanyakan.

For Example :

Suku banyak f(x) = 2x3 + 4x2 – 6x +8, maka nilai dari f(2)adalah ?

JAWAB

f(2)    = 2(2)3 + 4(2)2 – 6(2) + 8

          = 2.8 + 4.4 -12 + 8

          = 16 +16 -12 +8

          = 28

        2. Metode menurun

 

Read More:   Cara Menentukan Kuantor Universal

For Example :

Suku banyak f(x) = 3x4 + 5x3 – 6x2 + 2x – 6 dibagi dengan x + 3. Maka hasil dan sisanya adalah …

JAWAB

screenshot_4

Jadi, hasil = 3x3 – 4x2 + 6x – 16 dan sisanya adalah = 42.

Oke itulah sedikit mengenai polinominal. Kalian bisa mmpelajari soal-soal yang lebih lengkap dibuku yang kalian miliki atau buku yanga ada diperpustakaan sekolah kalian.

~ SEMOGA BERMANFAAT ~

GOOD LUCK

Baca juga: