Melukis Garis Istimewa : Garis Sumbu Dan Garis Berat

Diposting pada

garis-berat

Melukis Garis Istimewa : Garis Sumbu Dan Garis Berat

Hai hai sahabat!!!… gimana kabarnya? Oke sebelum menyinggung pembahasan ada satu pengalaman nih, mau tau? Penasaran? Oke gini pernah ada pengalaman nonotn suatu film dimana film itu bercerita tentang belajar nah disitu ada satu pesan yang bias diambil yaitu bahwa matematika itu jangan dianggap sebagai mata pelajaran yang dibebankan pada kita selama kita masih menjalani masa-masa sekolah. Tapi, jadikan matematika itu menjadi teman kita, kita umpamain deh ya coba kita punya temen nih terus kita curhat, belajar, sedih seneng sama dia. Yah jadi inget deh sama temen-temen masa-masa SMA kangen banget, eh malah curhat. Nah jadi gitu anggap matematika itu teman kita bukan beban belajar pasti deh bakal cinta banget sama matematika dan gak bakal bsa move on kayak aku gini sahabat.

Oke sahabat kali ini kita akan membahas tentang melukis garis istimewa nah kalau artikel kemarin itu membahas tentang garis tinggi dan garis bagi, nah kali ini kita akan membahas tentang garis sumbu dan garis berat.
So, tanpa banyak basa-basi lagi, silahkan diamati, dicermati, dipahami dengan hati, pikiran, dan jiwa yang tenang…. Ingin tahu lebih lagi tentang math?? Yukkks, lanjuutt ke materi kali ini… Let’s learn about it together!!

 

1. Garis sumbu

Garis sumbu suatu segitiga adalah garis yang membagi sisi-sisi segitiga menjadi dua bagian sama panjang dan tegak lurus pada sisi-sisi tersebut.

garis-1
Misalkan diketahui ∆ABC langkah-langkah melukis sumbu sisi AB sebagai berikut.
• Lukislah busur lingkaran dari titik A dengan jari-jari lebih dari ½ AB.
• Kemudian dengan jari-jari yang sama lukislah busur lingkaran dari titik B sehingga memotong busur pertama di titik P dan Q.
• Hubungkan titik P dan Q sehingga terbentuk garis PQ. Garis CD merupakan garis sumbu pada sisi AB.

2. Garis berat

Garis berat suatu segitiga adalah garis yang ditarik dari titik sudut suatu segitiga dan membagi sisi di hadapannya menjadi dua bagian sama panjang.

Read More:   Pengertian Relasi SMP kelas VIII

garis-2
Misalkan akan melukis garis berat pada ∆ABC di ∠C. langkah-langkahnya adalah :
• Lukislah garis susmbu pada sisi AB sehingga memotong AB di titik P.
• Hubungkan titik C dengan titik P. garis CP adalah garis berat ∠C.

Nah itu dia sahabat pembahasan kali ini. Wassalamualaikum. Wr. Wb

~SEMOGA BERMANFAAT~
TERIMAKASIH

Baca juga :