Layang-Layang : Sifat, Keliling, dan Luas

Diposting pada
Layang-Layang : Sifat, Keliling, dan Luas
Rate this post

bangun-datar

Layang-Layang : Sifat, Keliling, dan Luas

Haiii.. masih mau dan nggak bosan belajar math?? Baguus kalau kalian semangat belajar math. Sebagai generasi muda, kita harus bersemangat dalam segala hal. Salah satunya belajar, salah satunya lagi adalah belajar math. J Math is Fun!! Tanamkan kata-kata itu dalam diri, jiwa, dan hidup kalian semua. Kata-kata tersebut bisa saja mensugesti kalian semua supaya semangat belajar mathnya..

Eehh, tapi, gimana hasil belajar kalian setelah melihat dan mempelajari materi yang saya berikan? Kalau ada yang tidak jelas, monggo ditanyakan, tidak usah malu-malu. Malu bertanya sesat dijalan loo. ( tapi sekarang kan ada gps??) Oke, tidak usah pusing-pusing lagi, pasti kalian tidak sabar untuk belajar math lagi kaann?? Udah deh akuin aja kalo math itu bener-bener seruu..

Langsung aja kita lanjuuutt ke pembahasan. Let’s learn about it together!!

layang-layang

layang-layang adalah bangun datar segi empat yang mempunyai dua pasang sisi sama panjang dan dua diagonal saling tegak luus.

  1. Sifat-sifat layang-layang

  • Masing-masing sepasang sisi yang sama panjang
  • Mempunyai sepasang sudut berhadapan sama besar
  • Mempunyai 2 diagonal yang tidak sama panjang dan berotongan saling tegak lurus dan salah satu diagonalnya merupakan sumbu simetri.
  • Mempunyai 1 simetri lipat dan tidak mempunyai simetri putar.
  • Dapat menempati bingkainya dengan 2 cara.

 

  1. Keliling dan luas layang-layang

Layang-layang dengan panjang sisi s1 dan s2, maka luas dan keliling layang-layang adalah:

Read More:   Cara Melukis Garis Singgung Melalui Titik di Luar Lingkaran

layang-4

layang-1

layang-2

L adalah luas daerah layang-layang ABCD dan K adalah keliling layang-layang ABCD.

d1 adalah diagonal terpanjang dan d2 adalah diagonal terpendek.

Contoh:

Luas sebuah layang-layang adalah 135 cm2 dan panjang salah satu diagonalnya adalah 30 cm. berapa panjang diagonal yang lain?

Jawab

layang-3

jadi, panjang diagonal layang-layang yang lain adalah 9 cm.

itu dia yang sedikit bisa saya sampaikan kali ini. Wassalamualaikum. Wr. Wb

~SEMOGA BERMANFAAT~

Baca juga :