Cara Pengubinan Dengan Segitiga Sebangun Serta Sifat Segitiga Kongruen

Diposting pada

7c

Cara Pengubinan Dengan Segitiga Sebangun Serta Sifat Segitiga Kongruen

Hello guyysss… balik lagi nih. Jangan bosan- bosan belajar ya guys. Apalagi belajar matematika. Percaya deh, belajar matematika itu seru bangeet. Berani sumpah deehh.. bagi kalian yang merasa kesusahan dalam mempelajari rumus- rumus matematika dan tata cara pengerjaan suatu soal, jangan bingung and don’t worry about it. Karena sekarang sudah banyak sekali artikel yang akan menjelaskan tata cara dan contoh-contoh soal yang sangat mudah di mengerti.

Kali ini kita akan membahas materi pengubinan dengan segitiga sebangun yang terbilang mudah. Intinya, MATH IS EASY GUYSS… Jadi, jangan bosan-bosan belajar math, math adalah pelajaran yang lebih menantang dari pelajaran lainnya. Itu dia kelebihan math. Jika ada kelebihan maka ada kelemahan, tapi jangan cari kelemahan itu di math.. J Oke udah nggak sabar mau belajar math lagi?? Okeoke, tenang dulu, sabaaarr. Sabar kan bakalan disayang Tuhan dan akuu.. ( eaak )

So, tanpa banyak basa-basi lagi, silahkan diamati, dicermati, dipahami dengan hati, pikiran, dan jiwa yang tenang…. Ingin tahu lebih lagi tentang math?? Yukkks, lanjuutt ke materi kali ini… Let’s learn about it together!!

Pengubinan dengan segitiga sebangun    

 

bangun-bangun yang kongruen adalah bangun-bangun yang mempunyai bentuk dan ukuran yang sama, sehingga bila diimpitkan dapat tepat saling menutupi.

Agar kita dapat lebih memahaminya lagi mari kita praktekan. Langkah-langkahnya adalah:

  1. Siapkan selembar karton, dari selembar karton, buatlah dua model bangun yang kongruen dengan ukuran bebas seperti pada gambar dibawah ini.
Read More:   Hubungan Himpunan Saling Lepas dan Tak Saling Lepas

7a 7b

2. Gunting bangun B menurut garis putus-putus.

3. Acaklah potongan-potongan bangun B.

4. Susun dan tempelkan potongan-potongan tersebut hingga menutupi bangun A.

 

Dari praktek diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa segitiga yang sebangun atau kongruen dapat kita lakukan pengubinan atau menutup suau bangun dengan bangun lain yang kongruen.

Adapun sifat-sifat segitiga yang kongruen adalah:

Jika dua buah segitiga kongruen, maka:

  1. Sisi-sisi yang bersesuaian sama panjang.
  2. Sudut yang bersesuaian sama besar.

 

Nah sahabat sekian dulu untuk kali ini. Semoga bermanfaat

~TERIMAKASIH~

Baca juga :