Cara Mudah Merasionalkan Bentuk a/√b

Diposting pada

Cara Mudah Merasionalkan Bentuk a/√b

Hai-hai sahabat!! Ada tugas disuruh merasionalkan akar?? Apa kalian berfikir tugas itu sulit?? Jika kalian berpikir bahwa tugas itu memang sangat sulit untuk dipelajari, maka ada yang salah dengan pemikiran kalian. Jika sudah memiliki pemikiran yang seperti itu, maka kemungkinan kalian tidak akan bisa mengerjakannya, bahwasannya pemikiran seperti itu merupakan sugesti belaka yang hanya membuat kalian benar-benar tidak bisa menyelesaikan problem dari salah satu materi math ini sahabat.

Pada bagian kali ini, akan dipelajari cara merasionalkan penyebut pecahan-pecahan bentuk akar. Cara merasionalkan, yaitu dengan mengalikan pembilang dan penyebut pecahan-pecahan tersebut dengan pasangan bentuk akar sekawan penyebutnya. Nah dalam merasionalkan ini ada beberapa bentuk bebeda dalam merasionalkan kali ini kita akan membahas dalam bentuk pertama. Eehh, tapi, gimana hasil belajar kalian setelah melihat dan mempelajari materi yang saya berikan? Kalau ada yang tidak jelas, monggo ditanyakan, tidak usah malu-malu. Malu bertanya sesat dijalan loo. ( tapi sekarang kan ada gps??) Oke, tidak usah pusing-pusing lagi, pasti kalian tidak sabar untuk belajar math lagi kaann?? Udah deh akuin aja kalo math itu bener-bener seruu..

So, tanpa banyak basa-basi lagi, silahkan diamati, dicermati, dipahami dengan hati, pikiran, dan jiwa yang tenang…. Ingin tahu lebih lagi tentang math?? Yukkks, lanjuutt ke materi kali ini… Let’s learn about it together!!

 

 

Merasionalkan bentuk a/√b

 

Merasionalkan bentuk a/√b dengan a, b bilangan rasional, b ≠ 0, dan b > 0 dapat diselesaikan dengan menggunakan sifat √b × √b = b

Rumus :

Read More:   Volume Permukaan Bangun Ruang (Kerucut)

 

 

Untuk lebih memahaminya, perhatikan contoh berikut !

Contoh :

Rasionalkan bentuk pecahan berikut !

 

 

Math is really easy if you want to learn about math. Ya, kalian pasti bisa belajar math dengan mudah, manusia tercipta memiliki 39 bakat dalam dirinya, jadi apa salahnya jika salah satunya adalah bakat jago matematika?? Itu sangat luar biasaa….

Semoga bacaan ini selalu bermanfaat bagi kita semua.

~TERIMAKASIH~

Baca juga :

Cara Mudah Merasionalkan Bentuk a/√b
Rate this post