Cara Mudah Mengoperasikan Bilangan Bulat

Diposting pada

bilangan-bulat

Cara Mudah Mengoperasikan Bilangan Bulat

Hai, hai ! tau pelajaran matematika? Yuk kita belajar matematika dari dasar! Kalian pasti tau dong bilangan bulat, dari semenjak SD kita sudah mengenal bilangan bulat loh yang lupa mari kita ingat kembali. Nah tapi kali ini kita akan membahas bilangan bulat dalam tingkatan SMP. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang bilangan bulat sedikit lebih dalam dari tingkatan SD , oke tanpa basa basi yuk sama-sama kita lihat bagaimana si bilangan bulat dan cara pengoperasiannya mari…..

Materi Bilangan Bulat

 

  • bilangan bulat terdiri dari bilangan bulat negative, bilangan bulat positif dan nol, ditulis B = {…, -2, -1, 0, 1, 2, …}

untuk sembarang bilangan bulat berlaku :

  1. – (a + b) = -a + (-b)
  2. – (a – b) = -a + b
  3. – a + b = b – a

 

Untuk lebih mengerti mari kita langsung ke contoh soal

1. Suhu udara di kota bandung pada bulan januari lalu 50˚C, ketika hujan turun, suhu menjadi 12˚C. Berapakah penurunan suhu tersebut….

           Pembahasan:

Penurunan suhu = 50˚ – 12˚ = 38˚C

2. Suatu turnamen catur ditentukan bahwa peserta yang menang memperoleh nilai 5, peserta yang seri mendapat nilai 2, dan peserta yang kalah mendapat nilai -1. Jika hasil pertandingan 10 pertandingan seorang peserta menang 3 kali dan kalah 2 kali. Berapa nilai yang diperoleh peserta tersebut….

Pembahasan:

Nilai peserta catur

= 3 (menang) + 2 (kalah) + 5 (seri)

= 3 (5) + 2 (-1) + 5 (2)

= 15 – 2 + 10

= 23

3. Setiap ketinggian 60 meter dari permukaan laut, maka temperatur suhu udara turun ˚C. Jika suhu udara di permukaan air laut = 20˚C. Maka temperatur uadara pada ketinggian 3.600 meter di atas permukaan laut adalah….

Read More:   Cara Mengurangkan Pecahan Bentuk Aljabar

           Pembahasan:

bilangan-bulat

Jadi suhu pada ketinggian 3.600 m

= 45˚C + (-20)˚C = 25˚C

4. Hasil dari (-28 + 3) : (-2 – 3) adalah….

            Pembahasan:

(-28 + 3) : (-2 – 3) = -25 : -5 =  5

bilangan-bulat-1

Sekian dulu pembahasan tentang bilangan bulat kali ini, terimakasih atas perhatiannya.. jangan lupa tunggu artikel selanjutnya ☺

SEMOGA BERMANFAAT

Baca juga :