Cara Mudah Menentukan Panjang Busur

Diposting pada

4.13

Cara Mudah Menentukan Panjang Busur

 

Haiii.. masih mau dan nggak bosan belajar math?? Baguus kalau kalian semangat belajar math. Sebagai generasi muda, kita harus bersemangat dalam segala hal. Salah satunya belajar, salah satunya lagi adalah belajar math. J Math is Fun!! Tanamkan kata-kata itu dalam diri, jiwa, dan hidup kalian semua. Kata-kata tersebut bisa saja mensugesti kalian semua supaya semangat belajar mathnya.. Eehh, tapi, gimana hasil belajar kalian setelah melihat dan mempelajari materi yang saya berikan? Kalau ada yang tidak jelas, monggo ditanyakan, tidak usah malu-malu. Malu bertanya sesat dijalan loo. ( tapi sekarang kan ada gps??) Oke, tidak usah pusing-pusing lagi, pasti kalian tidak sabar untuk belajar math lagi kaann?? Udah deh akuin aja kalo math itu bener-bener seruu..

Math is really easy if you want to learn about math. Ya, kalian pasti bisa belajar math dengan mudah, manusia tercipta memiliki 39 bakat dalam dirinya, jadi apa salahnya jika salah satunya adalah bakat jago matematika?? Itu sangat luar biasaa….

So, tanpa banyak basa-basi lagi, silahkan diamati, dicermati, dipahami dengan hati, pikiran, dan jiwa yang tenang…. Ingin tahu lebih lagi tentang math?? Yukkks, lanjuutt ke materi kali ini… Let’s learn about it together!!

Menghitung panjang busur

 

Perhatikan gambar berikut ini!

4.9

Pada lingkaran O, untuk menghitung panjang busur AB adalah :

4.1

Contoh :

Perhatikan gambar dibawah ini!

4.10

Titik O adalah pusat lingkaran dengan panjang jari-jari y cm.

Hitunglah :

  1. Keliling lingkaran;
  2. Panjang busur AB!

Jawab :

1. Keliling lingkaran

K       = 2 ? r

               = 2 × 22/7 × 7

Read More:   Belajar Mudah Melukis Garis Singgung Persekutuan Dalam Dua Lingkaran

               = 44 cm

2. panjang busur

4.2

Kesimpulan:

“panjang busur pada lingkaran sebanding dengan besar sudut pusatnya”.

Oke sahabat sekian dulu pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat.

~TERIMAKASIH~

Baca juga :