Cara Mudah Menentukan Luas Lingkaran

Diposting pada

Cara Mudah Menentukan Luas Lingkaran

 

Artikel kali ini akan membahas mengenai Cara Mudah Menentukan Luas Lingkaran, materi ini merupakan materi sekolah menengah pertam kelas VIII. Pada saat duduk di bangku sekolah menengah pertama inilah kalian akan mulai di ajarkan mengenai cara – cara menentukan luas lingkaran.

 

Bagi kalian yang kurang paham dalam Menentukan Luas Lingkaran tidak perlu khawatir karena artikel kali ini akan membahas secara detail mengenai Menentukan Luas Lingkaran, mungkin kalian kurang memahami penjelasan yang di jelaskan oleh guru – guru kalian sehingga membuat kalian kebingungan dalam mengerjakan soal – soal yang berhubungan dengan cara menentukan luas lingkaran.

 

Agar lebih jelas perhatikan contoh soal di bawah ini :

Luas lingkaran

Perlu kalian ketahui adalah luas lingakaran merupakan daerah yang di batasi oleh busur lingkaran. Dan perlu kalian ketahui juga bahwa luas lingkaran juga bisa diartikan sebagai tempat kedudukan titik P yang mempunyai jarak kurang dari atau sama dengan r dari sebuah titik tertentu O.

Agar kalian lebih paham perhatikan gambar di bawah ini :

Perhatikan daerah yang di arsir itu merupakan luas lingkaran. Apabila L menyatakan luas lingkaran, r menyatakan jari – jari lingkaran, dan d menyatakan diameter lingkaran, maka akan berlaku hubungan atau rumus seperti di bawah ini :

Agar lebih mengerti perhatikan contoh soal di bawah ini :

Dari gambar diatas tentukan luas daerah gambar di atas !

Read More:   Belajar Mudah Tentang Kedudukan Dua Lingkaran

 

Jawab :

Luas daerah pada gambar di atas

Jadi ternyata luas gambar tersebut adalah 614 cm2.

 

3 ) sebuah keeping logam berbentuk lingkaran dengan jari – jari 8 cm . ketika dipanaskan keeping logam tersebut memuai sehingga jari – jarinya bertambah 2 cm. berapakah pertambahan luas pemuaian logam tersebut ?

Jawab :

Jadi pertamaban luas pemuaian 113,04 cm.

 

 

Semoga ilmu yang baru saja kalian dapatkan bisa bermanfaat dan berguna. Terimakasih

Baca Juga :