Cara Mudah Memahami Relasi Kelas 8

Diposting pada

mtk

Cara MudahMemahami Relasi Kelas 8

Haiii.. masih mau dan nggak bosan belajar math?? Baguus kalau kalian semangat belajar math. Sebagai generasi muda, kita harus bersemangat dalam segala hal. Salah satunya belajar, salah satunya lagi adalah belajar math. J Math is Fun!! Tanamkan kata-kata itu dalam diri, jiwa, dan hidup kalian semua. Kata-kata tersebut bisa saja mensugesti kalian semua supaya semangat belajar mathnya..

Nah sahabat kalian tahu kan dalam keseharian kita secara tidak sadar kita sudah sedikit belajar tentang matematika yaitu ketika kalian mengelompokan anak-anak dalam kelas kalian dengan cara pengelompokan apa si kegemaran mereka? Hobi? Atau cita-citanya? Nah itu dia sahabat pernyataan diatas merupakan secara tidak langsung membahas tentang relasi.

So, tanpa banyak basa-basi lagi, silahkan diamati, dicermati, dipahami dengan hati, pikiran, dan jiwa yang tenang…. Ingin tahu lebih lagi tentang math?? Yukkks, lanjuutt ke materi kali ini… Let’s learn about it together!!

Pengertian Relasi

Relasi atau hubungan dari himpunan A ke himpunan B adalah pemasangan anggota-anggota himpunan A dengan anggota-anggota himpuna B.

Contoh:

  1. Perhatikan relasi “gemar makan” berikut ini!

relasi-1

Dari relasi di atas dapat disimpulkan bahwa:

  1. Rara gemar makan mieayam
  2. Arga gemar makan sate dan mieayam
  3. Ardi gemar makan sate dan bakso
  4. Budi gemar makan soto

Agar sahabat semua dapat lebih mengerti tentang relasi maka, kita akan membahas contoh yang bukan termasuk relasi.

Contoh:

2. Perhatikan pernyataan dibawah ini!

relasi-2

Pernyataan diatas bukan merupakan relasi karena ada salah satu anggota himpunan A yaitu linda tidak memiliki pasangan di himpunan B.

Saat kita melihat dua contoh diatas dapat kita simpulkan bahwa disebut relasi jika anggota himpunan A harus ada pasangan di Himpunan B walaupun memiliki pasangan double. Dan disebut bukan relasi jika ada salah satu saja anggota himpuna A tidak memiliki anggota himpunan di B.

Read More:   Soal dan Pembahasan Menghitung Luas Permukaan Prisma

Nah sahabat itu dia tahap perkenalan kita dengan relasi. Kalian harus menguasai tahap awal ini terlebih dahulu agar lebih mudah untuk materi-materi relasi berikutnya. Sekian dulu pembahasan kali ini sahabat wassalamualaikum. Wr. Wb

 

~TERIMAKASIH~

GOOD LUCK

Baca juga :