Cara Mudah Belajar Kesebangunan : Matematika

Diposting pada

5

Cara Mudah Belajar Kesebangunan : Matematika

Hai sahabat smeua.. gimana nih kabarnya??? Baik kan? Oiya Pernahkah kamu memperhatikan papan catur? Setiap petak satuan pada papn catur, baik yang berwarna hitam maupun yang berwarna putih, memiliki bentuk dan ukuran yang sama. Tahukah kamu diseut apakah bangun-bangun yang sama bentuk dan ukurannya? Penasaran?

Kali ini kita akan membahas mengenai kesebangunan. Seperti pembahasan sebelumnyakesebangunan juga memiliki beberapa rumus untuk menyelesaikan soal-soal latihan atau pekerjaan rumah kalian. Jadi jangan bosan-bosan menghafal guuyyss… luangkan waktu sedikit untuk menghafal rumus yaaa..

So, tanpa banyak basa-basi lagi, silahkan diamati, dicermati, dipahami dengan hati, pikiran, dan jiwa yang tenang…. Ingin tahu lebih lagi tentang math?? Yukkks, lanjuutt ke materi kali ini… Let’s learn about it together!!

Kesebangunan

 

Bangun-bangun yang sama dan sebangun (kongruen)

sebangun-1 sebangun-2 sebangun-3 sebangun-4

Perhatikan keempat bangun diatas, jika bangun (i) dan (iv) dibandingkan maka terlihat bahwa sisi-sisi dan sudut-sudut pada bangun (i) dan (iv) sama (sisi AB = MN, BC = NO, CD = OP, dan AD = MP, sedangkan ∠A = ∠M, ∠B = ∠N, ∠C = ∠O, dan ∠D = ∠P. dua bangun yang mempunyai sifat seperti ini dikatakan sama dan sebangun (kongruen) dan ditulis ABCD = MNOP (dibaca ABCD kongruen dengan MNOP), bangun (ii) dan (iii) juga mempunyai sisi yang sama panjang dan sudut yang sama besar.

Jadi, dua bangun datar sama dan sebangun karena sisi-sisi yang bersesuaian sama panjang dan sudut-sudut yang bersesuaian sama besar.

Contoh:

Perhatikan gambar berikut!

sebangun-5 sebangun-6

Apakah jajargenjang ABCD kongruen denga jajargenjang PQRS?

Read More:   Cara Menghitung Nilai Persentase Rugi dalam Aritmatika Sosial

Jawab:

Sisis-sisi yang bersesuaian sma panjang.

AB = QR = 2 cm dan CD = PS = 2 cm.

AD = PQ = 3 cm dan BC = SR = 3 cm.

Sudut-sudut yang bersesuaian sama besar.

∠A = ∠Q dan ∠C = ∠S

∠B = ∠R dan ∠D = ∠P.

Jadi, jajargenjang ABCD dan jajargenjang PQRS kongruen.

Sekian untuk kali ini semoga bermanfaat

~TERIMAKASIH~

Baca juga :