Cara Cepat Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel SMP Kelas VIII

Diposting pada

 

 

Cara Cepat Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel SMP Kelas VIII

 

Pembahasan kali ini adalah mengenai Cara Cepat Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel SMP Kelas VIII, materi ini di dapatkan ketika duduk di bangku sekolah menengah pertama kelas VIII pada saat duduk dibangku sekolah inilah kalian akan di ajarkan mengenai Cara Cepat Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel SMP Kelas VIII.

 

Mungkin kalian kurang paham mengenai penjelasan dari bapak  guru atau ibu guru di sekolah Cara Cepat Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel SMP Kelas VIII, namun kalian mendapatkan tugas untuk menjawab soal – soal mengenai Cara Cepat Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel SMP Kelas VIII. Mungkin artikel ini sangat membantu untuk menjawab soal – soal dari guru kalian.

 

 

Agar tidak berlama – lama langsung saja ke penjelasan di bawah ini :

Tahukah kalian apa ituPersamaan Linear Satu Variabel ??? mungkin kalian sering menemukan kalimat – kalimat terbuka seperti di bawah ini :

1 ) 4x + 7 = 15

2 ) x – 5 = 3x + 2

Kalimat terbuka itulah  yang mengandung tanda sama dengan (=) danvariabel itulah di sebut Persamaan Linear SatuVariabel.

Atau bisa di definisikan sebagai berikut :

  • Persamaan merupakan kalimat terbuka yang memuat tanda sama dengan (=)
  • Persamaan Linear Satu Variabel merupakan persamaan yang hanya memuat satu variable dengan pangkat satu.

Perlu kalian ketahui juga bahwa penyelesaian Persamaan Linear Satu Variabel merupakan bilangan pengganti dari variable pada daerah definisi persamaan yang membuat persamaan menjadi pernyataan yang benar. Sedangkan himpunan penyelesaian suatu persamaan linear dengan satu variable mempunyai dua kemungkinan yaitu hanya memiliki hanya satu buah anggota atau tidak ada anggota( himpunan kosong ).

Read More:   Rumus Fungsi SMP Kelas VIII

 

Agar lebih paham perhatikan contoh soal di bawah ini :

1 ) tentukan himpunan penyelesaian 4x + 3 = 11 dengan x adalah anggota himpunan bilangan asli !

Jawab :

Jika menemukan soal seperti di atas cara yang bias kita gunakan cara subtitusi( mengganti x dengan setiap anggota bilangan asli sehingga kalimat itu menjadi benar).

Untuk x = 1, maka 4.1 + 3 ≠ 11 ( kalimat salah )

Untuk x = 2, maka 4.2 + 3 = 11 ( kalimat benar )

Untuk x = 3 tidak perlu kita lakukan lagi karena hasil yang di hasilkan akan selalu bernilai kalimat salah. Dan kita sudah mendapatkan kalimat yang benar yaitu x = 2.

Jadi, penyelesaian dari 4x + 3 = 11 adalah x = 2 dan HP = { 2 }.

 

 

2 ) tentukan himpunan penyelesaian 6x – 2 = 16 dengan x adalah anggota himpunan bilangan ganjil!

Jawab :

Jika menemukan soal seperti di atas cara yang bias kita gunakan cara subtitusi( mengganti x dengan setiap anggota bilangan ganjil sehingga kalimat itu menjadi benar).

Untuk x = 1, maka 6x − 2 ≠ 16 ( kalimat salah )

Untukx  = 3, maka 6x − 2  = 16 ( kalimat benar )

Untuk x = 5 tidak perlu kita lakukan lagi karena hasil yang di hasilkan akan selalu bernilai kalimat salah. Dan kita sudah mendapatkan kalimat yang benar yaitu x = 3.

Jadi, penyelesaian dari 6x − 2 = 16 adalah x = 3 dan HP = { 3 }.

 

Terimakasih semoga ilmu yang  baru saja kalian dapatkan bias bermanfaat dan berguna.

 

Baca Juga :