Cara Cepat Menyelesaikan Perkalian Matriks dengan Matriks dengan menggunakan 2 Sifat

Diposting pada
Cara Cepat Menyelesaikan Perkalian Matriks dengan Matriks dengan menggunakan 2 Sifat
Rate this post

Cara Cepat Menyelesaikan Perkalian Matriks dengan Matriks dengan menggunakan 2 Sifat

 

Artikel kali ini membahas mengenai Cara Cepat Menyelesaikan Perkalian Matriks dengan Matriks dengan menggunakan 2 Sifat, materi ini merupakan materi sekolah menengah atas kelas X. pada saat duduk dibangku sekolah inilah kalian akan di ajarkan oleh guru kalian mengenai perkalian matriks dengan matriks, sebenarnya ada macam – macam sifat yang bisa di gunakan untuk menyelesaikan perkalian matriks dengan matriks namun yang akan di bahas kali ini hanyalah 2 macam sifat.

 

Mungkin di antara kalian yang kuran paham atau kurang mengerti penjelasan dari guru kalian, namun kalian tidk perlu khawatir karena artikel kali ini akan membahas secara detail dan mendalam. Dan akan diberikan contoh – contoh soal nya agar kalian paham dan lebih mengerti lagi. Agar tidak terlalu lama perhatikan penjelasan dan contoh soal di bawah ini :

Perkalian Matriks dengan Matriks dengan menggunakan 2 Sifat

Dua buah matriks A dan B dapat dikalikan jika dan hanya jika jumlah kolom pada matriks A sama dengan jumlah baris pada matriks B. ingat semua baris pada matriks A dikalikan dengan semua kolom pada matriks B.

Perhatikan ilustrasi di bawah ini :

 

Namun yang akan kita bahas adalah 2 sifat yaitu :

  • Jika k bialngan real, maka k(A.B) = (k.A)B
  • Jika = matriks nol, maka A × 0 = 0 × A = 0
Read More:   Soal Matriks SMK Part 19

Agar lebih jelas perhatikan contoh :

Penyelesaian :

Berdasarkan hasil yang kita dapatkan ternyata bahwa setiap matriks yang dikalikan dengan matriks nol, maka akan mengahasilkan matriks nol.

 

Terimakasih semoga ilmu yang baru saja kalian dapatkan bisa bermanfaat dan berguna.

Baca Juga :