Cara Cepat Melukis Segitiga Sama Kaki dan Sama Sisi

Diposting pada

melukis-3

Cara Cepat Melukis Segitiga Sama Kaki dan Sama Sisi

Hai hai sahabat ketemu lagi deh kita.,, Kali ini saya akan membahas materi segitiga dan lebih tepatnya adalah materi cara-cara melukis segitiga . nah selama ini kita kan hanya tau gambarnya saja dan sekarang kita akan tahu caranya nih. Jadi, jangan bosan-bosan belajar math, math adalah pelajaran yang lebih menantang dari pelajaran lainnya. Itu dia kelebihan math. Jika ada kelebihan maka ada kelemahan, tapi jangan cari kelemahan itu di math.. J Oke udah nggak sabar mau belajar math lagi?? Okeoke, tenang dulu, sabaaarr. Sabar kan bakalan disayang Tuhan dan akuu.. ( eaak )

Eehh, tapi, gimana hasil belajar kalian setelah melihat dan mempelajari materi yang saya berikan? Kalau ada yang tidak jelas, monggo ditanyakan, tidak usah malu-malu. Malu bertanya sesat dijalan loo. ( tapi sekarang kan ada gps??) Oke, tidak usah pusing-pusing lagi, pasti kalian tidak sabar untuk belajar math lagi kaann?? Udah deh akuin aja kalo math itu bener-bener seruu..

Langsung aja kita lanjuuutt. Let’s learn about it together!!

 

  1. Melukis segitiga sama kaki

Misalkan akan melukis ∆ABC sama kaki dengan AB = 4 cm dan AC = 5 cm.

melukis-c-1

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buatlah ruas garis AB yang panjangnya 4 cm!
  • Dengan pusat titik A, buatlah busur lingkaran dengan jari-jari 5 cm!
  • Kemudian dengan jari-jari yang sama, buatlah busur lingkaran dengan pusat titik B, sehingga berpotongan dengan busur pertama di titik C!
  • Hubungkan titik A dengan titik C dan titik B dengan titik C, sehingga diperoleh ∆ABC yang merupakan segitiga sama kaki!

 

Read More:   Cara Mudah Merasionalkan Bentuk A/(B - √C) Atau A/(B + √C)

 

  1. Melukis segitiga sama sisi

Misalkan akan melukis ∆ABC sana sisi dengan panjang sisinya 6 cm.

melukis-c-2

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buatlah ruas garis AB yang panjangnya 6 cm!
  • Dengan pusat titik A, buatlah busur lingkaran dengan jari-jari 6 cm!
  • Kemudian dengan jari-jari yang sama, buatlah busur lingkaran dengan pusat titik B, sehingga memotong busur pertama di titik C!
  • Hubungkan titik A dengan titik C dan titik B dengan titik C, sehingga diperoleh ∆ABC sama sisi dengan AB = BC = AC = 6 cm.

 

Nah sahabat itu dia pembahasan kita kali ini semoga bermanfaat. Wassalamualaikum. Wr. Wb

~TERIMAKASIH~

Baca juga :