Belajar Pengertian Bentuk Akar

Diposting pada
Belajar Pengertian Bentuk Akar
Rate this post

Belajar Pengertian Bentuk Akar

Hello guyysss… balik lagi nih. Jangan bosan- bosan belajar ya guys. Apalagi belajar matematika. Percaya deh, belajar matematika itu seru bangeet. Berani sumpah deehh.. bagi kalian yang merasa kesusahan dalam mempelajari rumus- rumus matematika dan tata cara pengerjaan suatu soal, jangan bingung and don’t worry about it. Karena sekarang sudah banyak sekali artikel yang akan menjelaskan tata cara dan contoh-contoh soal yang sangat mudah di mengerti.

Misalnya artikel ini, disini akan dijelaskan pengertian dan maksud dari materi yang akan dibahas dan dimateri ini akan dijelaskan rumus- rumus serta contoh soal yang sangat mudah dimengerti pastinya. Ada juga beberapa materi yang memiliki cara cepat dalam proses pengerjaannya.

So, tanpa banyak basa-basi lagi, silahkan diamati, dicermati, dipahami dengan hati, pikiran, dan jiwa yang tenang…. Ingin tahu lebih lagi tentang math?? Yukkks, lanjuutt ke materi kali ini… Let’s learn about it together!!

 

 

Pengertian bentuk akar

 

Dalam matematika dikenal berbagai jenis bilangan. Beberapa contoh jenis bilangan di antaranya adalah bilangan rasional dan irasional.

Bilangan rasional adalah bilangan yang dapat dinyatakan dalam bentuk m / n dengan m, n ∊ B dan n ≠ 0.

Contoh :     ¼, 2/3, ¾, 6/5, 2, 4, dan seterusnya.

 

Sedangkan bilangan irasional adalah bilangan real yang tidak dapat dinyatakan dalam bentuk m / n, dengan m, n ∊ B dan n ≠ 0.

Contoh :

√2, √3, √5, ∛5 dan seterusnya disebut bilangan irasional karena hasil akar dari bilangan tersebut bukan merupakan bilangan rasional.

Read More:   Mudahnya Operasi Irisan dan Gabungan

Contoh bilangan-bilangan irasional dapat disebut sebagai bentuk akar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa :

“bentuk akar adalah akar-akar dari suatu bilangan real positif, yang hasilnya merupakan bilangan irasional”.

Definisi bentuk akar :    √a2 = a        dengan        a jika a ≥ 0 ; dan –a jika a < 0.

 

Contoh :

  1. Misalkan, a = 2 (a ≥ 0), maka nilai √a2 = √22 = 2
  2. Misalkan, a = -2 (a < 0), maka nilai √a2 = √(-2)2 = -2

 

 

Semoga bermanfaat.

~TERIMAKASIH~

Baca juga :