Belajar Mudah Distribusi Frekuensi

Diposting pada

JUMAT 5

Belajar Mudah Distribusi Frekuensi

 

Hello guyysss… balik lagi nih. Jangan bosan- bosan belajar ya guys. Apalagi belajar matematika. Percaya deh, belajar matematika itu seru bangeet. Berani sumpah deehh.. bagi kalian yang merasa kesusahan dalam mempelajari rumus- rumus matematika dan tata cara pengerjaan suatu soal, jangan bingung and don’t worry about it. Karena sekarang sudah banyak sekali artikel yang akan menjelaskan tata cara dan contoh-contoh soal yang sangat mudah di mengerti.

Misalnya artikel ini, disini akan dijelaskan pengertian dan maksud dari materi yang akan dibahas dan dimateri ini akan dijelaskan rumus- rumus serta contoh soal yang sangat mudah dimengerti pastinya. Ada juga beberapa materi yang memiliki cara cepat dalam proses pengerjaannya. Mungkin untuk kalangan anak SMP istilah distribusi frekuensi ini mungkin agak asing ya. Tapi jika kita membahas isinya seperti apa pasti kalian akan mengerti dan pasti akan bilang “oh yang kayak gini” .

So, tanpa banyak basa-basi lagi, silahkan diamati, dicermati, dipahami dengan hati, pikiran, dan jiwa yang tenang…. Ingin tahu lebih lagi tentang math?? Yukkks, lanjuutt ke materi kali ini… Let’s learn about it together!!

Distribusi frekuensi

 

Kamu telah mengetahui bahwa jika suatu data disajikan dengan cara pengelompokkan data, akan diperoleh tabel distribusi frekuensi. Untuk membuat tabel distribusi frekuensi yang baik, gunakanlah aturan-aturan berikut.

  1. Tentukan datum terkecil dan datum terbesar, kemudian hitung jangkauannya (range) dengan rumus berikut.

 

jumat 1

  1. Tentukan banyaknya interval kelas, misalnya p dengan perkiraan yang memenuhi ketentuan berikut.

 

jumat 2

  1. Tentukan panjang interval kelas dengan rumus panjang kelas sebagai berikut.
Read More:   Ukuran Penyebaran (Kuartil) : SMP Kelas 9

jumat 3

  1. Tentukan batas bawah dan batas atas setiap unterval kelas.
  2. Tentukan frekuensi pada masing-masing interval kelas dengan menggunakan system turus (tally)

 

Batas bawah interval kelas ke-1 biasanya diambil dari datum terkecil. Adapun datum terbesar harus termuat dalam interval kelas terakhir.

Sekian dulu shabat.

~TERIMAKASIH~

Baca juga :