Belajar Mudah Apakah Pengertian Data?

Diposting pada
Belajar Mudah Apakah Pengertian Data?
Rate this post

sabtu 2

Belajar Mudah Apakah Pengertian Data?

 

Hai geennggss… apa kabar kalian?? Saya harap baik selalu dong dan sehat tentunya. Kalau tidak sehat gimana mau belajar, iyakan? Nah, gimana hasil belajar mathnya? Bagi kalian yang baru aja bagi hasil semester ini, gimana nilai matematika diraportnya? Saya harap semuanya dapat nilai yang memuaskan.

Tapi, jika nilai kalian ada yang tidak memuaskan dan itu kebetulan adalah mata pelajaran matematika, jangan putus asa dan jangan menyerah ya guys. Soalnya, dengan kalian putus asa atau mudah sekali menyerah semuanya tidak akan berubah dan mungkin akan menjadi lebih buruk lagi bagi kalian. Bila kalian berpikir bahwa matematika itu sulit, maka jangan sekali-sekali berpikir seperti itu. Karena, pikiran seperti itu akan mensugesti diri kalian untuk tidak berusaha mempelajarinya. S guyss, it’s not difficult if you think “ JUST DO IT!” kalian dan akupun harus tau bahwa materi pengertian data ini termasuk materi dasar dalam statistika dan materi ini asyik dan mudah lo. Penasaran?

So, tanpa banyak basa-basi lagi, silahkan diamati, dicermati, dipahami dengan hati, pikiran, dan jiwa yang tenang…. Ingin tahu lebih lagi tentang math?? Yukkks, lanjuutt ke materi kali ini… Let’s learn about it together!!

Pengertian data

 

Data adalah keterangan yang diperlukan untuk memecahkan suatu masalah atau untuk memperoleh gambaran mengenai suatu keadaan. Bentuk tunggal dari data disebut datum. Ada dua jenis data sebagai berikut.

  1. Data kualitatif, yaitu data yang diperoleh dari pengamatan sifat suatu objek dan tidak berbentuk bilangan. Contoh : golongan darah dan pekerjaan orang tua.
  2. Data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dari hasil pengukuran atau perhitungan dan bersifat numeric (angka/nilai). Contoh : berat badan dan umur.
Read More:   Contoh Soal dan Pembahasan Luas Permukaan Limas

Dalam membuat suatu keputusan, data harus dikumpulkan, diolah, dianalisis.

Contoh :

Dari data bayi yang meninggal di daerah B dalam tiga tahun terakhir dapat ditentukan penyebab terbesar meninggalnya balita di daerah B.

Oke sahabat sekian dulu pembahasan kali ini.

~TERIMAKASIH~

Baca juga :