Belajar Materi Fungsi Kelas 8

Diposting pada
Belajar Materi Fungsi Kelas 8
Rate this post

fungsi

Belajar Materi Fungsi Kelas 8

Haii Haii !! Tau materi fungsi kan sahabat?? Pasti tau doongg. Materi ini ada di SMP kan?? Pasti bagi sebagian siswa sudah mengenal bagaimana materi fungsi itu. Katanya matematika itu adalah pelajaran yang paling sulit ya?? Apakah ada diantara kalian yang menjadi langganan remedial setiap ulangan permaterinya?? Saya harap si tidak setelah membaca artikel yang saya buat ini ( promosi artikel J ). Bagi kalian yang keadaannya sama seperti yang saya bilang tadi ( itu loo, yang langganan remedial), harap tenang dan keep smile J, jangan panik dan usahakan jangan demam panggung ( apa urusannya ??? ) karena matematika juga ada materi gampangnya loohh… ( Terus gue harus bilang wooow gituuu ?) Mau tau materi gampang tersebut? Tenang aja sahabat karena dalam materi ini kita tidak banyak bermain dengan hitung-hitungan asal kita paham maka materi fungsi ini akan sangat mudah sahabat. Oke langsung saja , materi yang saya bilang tadi gampang Kalau sudah belajar tentang fungsi pasti langsung cinta pada pandangan pertama deehh…. Kali ini saya akan membahas mengenaipengertian fungsi. Jadi jangan bingung-bingung, langsuung ajaa di perhatikan yaakk..   Let’s learn about it together!!

Pengertian fungsi

Fungsi dari himpunan A ke himpunan B adalah suatu relasi khusus yang memasangkan setiap anggota himpunan A dengan tepat satu anggota himpunan B.

Contoh:

fungsi-1

Relasi yang dinyatakan dengan diagram panah di atas disebut “fungsi” di mana dari relasi tersebut dapat diperoleh:

  • Himpunan A = {2, 4, 6} disebut “domain” atau himpunan daerah asal.
  • Himpunan B = {1, 2, 3, 4} disebut “kodomain” atau himpunan daerah kawan.
  • Sedangkan anggota himpunan B yang menjadi pasangan anggota himpunan A disebut “range” atau himpunan daerah hasil yaitu {1, 2, 3}.
Read More:   Bentuk Pangkat Dalam Masalah Sehari-Hari

Agar sahabat semua dapat mengerti lebih mudah saya akan menyimpulkan bahwa disebut fungsi jika anggota himpunan A memiliki pasangan tepat satu tidak boleh lebih dengan anggota himpunan B dan anggota himpunan B boleh tidak memiliki pasangan pada himpunan A.

Nah sahabat itu dia perkenalan kita tentang fungsi menarik bukan? Maka dari itu jangan bosan-bosan belajar bersama di sini dan selalu nantikan artikel-artikel selanjutnya. Wassalamualaikum. Wr. Wb

~SEMOGA BERMANFAAT~

GOOD LUCK

Baca juga :