Belajar Bilangan Bulat Berpangkat Positif

Diposting pada

Belajar Bilangan Bulat Berpangkat Positif

Haiii.. masih mau dan nggak bosan belajar math?? Baguus kalau kalian semangat belajar math. Sebagai generasi muda, kita harus bersemangat dalam segala hal. Salah satunya belajar, salah satunya lagi adalah belajar math.

Kali ini kita akan tentang materi bilangan bulat berpangkat positif dimana kata berpangkat merupakan bilangan yang dikalikan secara berulang-ulang. Biasanya materi ini dibahas pada siswa/siswi SMP kelas 9.

So, tanpa banyak basa-basi lagi, silahkan diamati, dicermati, dipahami dengan hati, pikiran, dan jiwa yang tenang…. Ingin tahu lebih lagi tentang math?? Yukkks, lanjuutt ke materi kali ini… Let’s learn about it together!!

 

 

 

Bilangan bulat berpangkat positif

 

Pada materi kelas sebelumnya kita telah mempelajari bilangan berpangkat dengan bilangan pokok 10. Konsep tersebut akan digunakan sebagai dasar untuk memahami pengertian pangkat tak sebenarnya.

Bentuk pangkat adalah bentuk perkalian berulang sebuah bilangan dengan bilangan itu sendiri sebanyak bilangan pangkatnya. Dalam perpangkatan terdapat bilangan pokok dan bilangan pangkat ke-n dari a ditulis an, dan didefinisikan sebagai berikut.

 

an = a × a × a × … × a → sebanyak n factor

 

dalam bentuk pangkat an, a merupakan bilangan pokok dan n merupakan pangkat. Pada perpangkatan, pangkat atau eksponen dapat berupa bilangan pecahan atau decimal, bilangan nol, dan bilangan bulat negative. Perhatikan pemangkatan bilangan berikut!

 

Contoh :

  1. 24 dibaca dua pangkat empat sama artinya dengan 2 × 2 × 2 × 2 = 16
  2. 53 dibaca lima pangkat tiga sama artinya dengan 5 × 5 × 5 = 125
  3. (-3)2 dibaca negative tiga pangkat dua sama artinya dengan (-3) × (-3) = 9
  4. (1/7)3 dibaca sepertujuh pangkat tiga sama artinya dengan 1/7 × 1/7 × 1/7 = 1/343
  5. (-1)4 dibaca negative satu pangkat tiga sama artinya dengan (-1) × (-1) × (-1) × (-1) = 1
Read More:   Belajar Sifat Pertama Dari Perpangkatan

 

Semoga pembahasan kali ini sangat bermanfaat bagi kita semua.

~TERIMAKASIH~

Baca juga :

Belajar Bilangan Bulat Berpangkat Positif
Rate this post