Bagaimana Cara Mudah Melakukan Pengumpulan Data?

Diposting pada

senin 5

Bagaimana Cara Mudah Melakukan Pengumpulan Data?

 

Hai sahabat semua gimana nih kabar kalian semua? Oiya kalian gak bosan kan belajar matematika. Eits ada kata-kata yang bermakna nih yaitu “ kehidupan ini dapat berjalan karena manusia mempelajari matematika” nah setuju banget sama perkataan itu.

So, tanpa banyak basa-basi lagi, silahkan diamati, dicermati, dipahami dengan hati, pikiran, dan jiwa yang tenang…. Ingin tahu lebih lagi tentang math?? Yukkks, lanjuutt ke materi kali ini… Let’s learn about it together!!

Pengumpulan data

 

Ketika kamu ingin mengetahui data kependidikan di provinsi X, perlu dilakukan pengumpulan data mengenai kegiatan-kegiatan kependidikan di provinsi X menurut tingkat dan jenis pendidikan. Data yang dimaksud meliputi banyak sekolah, banyak siswa, hasil belajar siswa, banyak guru, latar belakang pendidikan guru, suasana tempat belajar, dan sebagainya. Pengumpulan data dapat dilakukan dengan cara :

  1. Pengamatan langsung (observasi);
  2. Angket (kuisioner);
  3. Wawancara (interview);
  4. Membaca buku pengetahuan (literature).

 

Berdasarkan caranya, pengumpulan data dapat dilakukan dengan berbagai cara berikut.

  1. Mencacah

Contoh :

Mengumpulkan data tentang jenis alat trans-portasi ke sekolah pada siswa kelas IX SMP Cemara. Para siswa diminta untuk mengangkat tangan sesuai dengan perintah pengumpulan data. Setelah itu, pengumpulan data mencacah banyaknya siswa yang mengangkat tangan.

  1. Mengukur

Contoh :

Mengumpulkan data berat siswa kelas IX SMP Cemara dilakukan dengan menimbang berat badan siswa satu per satu sampai ke satuan kilogram terdekat.

  1. Mencatat data dengan turus

Contoh :

Mengumpulkan data pekerjaan orang tua/wali siswa kelas IX SMP Cemara dapat dilakukan dengan mencatat dengan turus seperti tabel berikut.

Read More:   Cara Mudah Menentukan Luas Lingkaran

Dalam statistika, banyak datum pada kelompok tertentu disebut frekuensi. misalnya pada tabel di bawah ini,

SENIN 1

frekuensi kelompok pegawai negeri adalah 12. Tabel seperti di atas biasa disebut tabel distribusi frekuensi.

Nah sahabat sekian dulu sahabat.

~TERIMAKASIH~

Baca juga :