Apa Itu Persegi Panjang?

Diposting pada

maxresdefault

Apa Itu Persegi Panjang?

Hai-hai sahabat!! Kalian tahu kan lapangan sepak bola? Kalian tahu berapa luas dan kelilingnya? Atau kalian bisa mencari berapa luas dan kelilingnya? Pasti langsung ada pertanyaan bukan dibenak kalian, bagaimana si cara mencari luas dan keliling lapangan sepak bola? Tapi pada artikel ini kita akan memberi solusi dari masalah tersebut. Pertama adalah kalian harus tahu bentuk apa si lapangan sepak bola itu? Yaps benar sekali persegi panjang.

So, tanpa banyak basa-basi lagi, silahkan diamati, dicermati, dipahami dengan hati, pikiran, dan jiwa yang tenang…. Ingin tahu lebih lagi tentang math?? Yukkks, lanjuutt ke materi kali ini… Let’s learn about it together!!

Persegi Panjang

Persegi panjang adalah bangun datar segiempat yang memiliki dua pasang sisi sejajar dan sama panjang serta sisi-sisi yang berpotongan membentuk sudut 90˚.

  1. Sifat-sifat persegi panjang

 

perpan-1

  • Mempunyai empat sisi dengan sisi-sisi yang saling berhadapan sama panjang dan sejajar, yaitu AB // DC, AD // BC dan AB = DC, AD = BC.
  • Mempunyai empat sudut siku-siku, yaitu ∠A = ∠B = ∠C = ∠D = 90˚.
  • Diagonal-diagonal dari suatu persegi panjang adalah sama panjang dan saling berpotongan membagi dua sama besar, yaitu AC = BD dan AO = BO = CO = DO.
  • Mempunyai 2 simetri putar dan 2 simetri lipat.
  • Dapat menempati bingkainya dengan 4 cara.

 

    2. Keliling dan luas persegi panjang

 

perpan-2

Persegi panjang ABCD dengan AB adalah panjang (p) dan BC adalah lebar (l). Luas (L) dan keliling (K) persegi panjang dinyatakan dengan;

Read More:   2 Sifat Operasi Irisan dalam Himpunan

L = p × l

K = 2 × (p + l)

Contoh:

Diketahui bahwa  suatu persegi panjang mempunyai panjang 20 cm dan lebar 13 cm. Tentukan;

  • Keliling persegi panjang;

K       = 2 × (p + l)

          = 2 × (20 + 13)

          = 2× 33

          = 66

Jadi, keliling persegi panjang adalah 66 cm.

  • L = p × l

= 20 × 13

= 260

Jadi, luas persegi panjang adalah 260 cm2.

          Nah itu dia sahabat solusinya sekarang udah gak bingung kan. Mudah kan caranya. Maka dari itu untuk memecahkan masalah lainnya ikuti terus artikel ini. Akhir kata wassalamualaikum. Wr. wb.

~TERIMAKASIH~

Baca juga :