2 Sifat Operasi Irisan dalam Himpunan

Diposting pada

irisan

2 Sifat Operasi Irisan dalam Himpunan

Hai sahabat semua..Kali ini saya masih akan membahas materi himpunan. Kalian masih ingat tentang irisan kan sahabat? Masih dong? nah kali ini kita akan membahas tentang operasinya. Intinya, MATH IS EASY GUYSS… (ups gak nyambung☺)Jadi, jangan bosan-bosan belajar math, math adalah pelajaran yang lebih menantang dari pelajaran lainnya. Itu dia kelebihan math. Jika ada kelebihan maka ada kelemahan, tapi jangan cari kelemahan itu di math.. J Oke udah nggak sabar mau belajar math lagi?? Okeoke, tenang dulu, sabaaarr. Sabar kan bakalan disayang Tuhan dan akuu.. ( eaak )

Eehh, tapi, gimana hasil belajar kalian setelah melihat dan mempelajari materi yang saya berikan? Kalau ada yang tidak jelas, monggo ditanyakan, tidak usah malu-malu. Malu bertanya sesat dijalan loo. ( tapi sekarang kan ada gps??) Oke, tidak usah pusing-pusing lagi, pasti kalian tidak sabar untuk belajar math lagi kaann?? Udah deh akuin aja kalo math itu bener-bener seruu..

Langsung aja kita lanjuuutt. Let’s learn about it together!!

 

  1. Untuk setiap himpunan A dan B berlaku sifat komutatif irisan.

 

A ∩ B = B ∩ A

Contoh:

Jika A = {1, 2, 4, 6, 8} dan B = {2, 4}, maka (A ∩ B) = {2, 4} dan (B ∩ A) = {2, 4}.

Jadi, A ∩ B = B ∩ A

  1. Untuk setiap himpunan A, B dan C berlaku sifat asosiatif irisan.

 

(A ∩ B) ∩ C = A ∩ (B ∩ C)

Contoh:

Jika A = {0, 1, 2, 3, 4, 5}, B = {1, 2}, maka buktikan (A ∩ B) ∩ C = A ∩ (B ∩ C)!

Read More:   Rumus Luas Permukaan Limas : SMP Kelas 8

Jawab:

(A ∩ B) = {1, 2}, dan (B ∩ C) = {2}, sehingga:

(A ∩ B) ∩ C = {1, 2} ∩ {2, 4} = {2}

A ∩ (B ∩ C) = {0, 1, 2, 3, 4, 5} ∩ {2} = {2}.

Jadi, terbukti bahwa (A ∩ B) ∩ C = A ∩ (B ∩ C) = {2}.

Nah sahabat itu dia tentang operasi irisan. Mudah bukan? Oke saya akhiri dulu artikel kali ini wassalamualaikum. Wr. Wb.

~TERIMAKASIH~

Baca juga :