Modus Tollens (Logika Matematika)

Posted on
Rate this post

Modus Tollens (Logika Matematika)

Hello guyysss… balik lagi nih. Jangan bosan- bosan belajar ya guys. Apalagi belajar matematika. Percaya deh, belajar matematika itu seru bangeet. Berani sumpah deehh.. bagi kalian yang merasa kesusahan dalam mempelajari rumus- rumus matematika dan tata cara pengerjaan suatu soal, jangan bingung and don’t worry about it. Karena sekarang sudah banyak sekali artikel yang akan menjelaskan tata cara dan contoh-contoh soal yang sangat mudah di mengerti. Eehh, tapi, gimana hasil belajar kalian setelah melihat dan mempelajari materi yang saya berikan? Kalau ada yang tidak jelas, monggo ditanyakan, tidak usah malu-malu. Malu bertanya sesat dijalan loo. ( tapi sekarang kan ada gps??) Oke, tidak usah pusing-pusing lagi, pasti kalian tidak sabar untuk belajar math lagi kaann?? Udah deh akuin aja kalo math itu bener-bener seruu..

Misalnya artikel ini, disini akan dijelaskan pengertian dan maksud dari materi yang akan dibahas dan dimateri ini akan dijelaskan rumus- rumus serta contoh soal yang sangat mudah dimengerti pastinya. Ada juga beberapa materi yang memiliki cara cepat dalam proses pengerjaannya.

So, tanpa banyak basa-basi lagi, silahkan diamati, dicermati, dipahami dengan hati, pikiran, dan jiwa yang tenang…. Ingin tahu lebih lagi tentang math?? Yukkks, lanjuutt ke materi kali ini… Let’s learn about it together!!

 

Modus tollens

ada beberapa metode-metode inferensi, yaitu teknik untuk menurunkan kesimpilan berdasarkan hipotesis yang ada, tanpa harus menggunakan tabel kebenaran. Salah satu metode inferensi untuk menentukan kevalidan adalah sebagai berikut

modus tollens

bentukmodus tollens mirip dengan modus ponens, hanya saja hipotesis kedua dannkesimpilan merupakan kontraposisi hipotesis pertama modus ponens. Kevalidan hipotesis diperoleh mengingat kenyataan bahwa suatu implikasi selalu ekuivalen dengan kontraposisinya.

Secara simbolis, bentuk inferensi modus tollens adalah sebagai berikut :

 

 

Contoh :

Jika zeus seorang manusia, maka ia dapat mati

Zeus tidak dapat mati

∴ zeus bukan seorang manusia

 

Sekian pembahasan kita kali ini semoga artikel ini selalu bermanfaat bagi kita semua.

~TERIMAKASIH~

Baca juga :