Hasil Kali Kartesian (Himpunan)

Posted on
Rate this post

Hasil Kali Kartesian (Himpunan)

Hai apa kabar semua? Belum pada bosen kan sama matematika. Jangan dong. Kali ini kita akan membahas cabang himpunan pada matemattika. Khusus kali ini kita akan membahas tenatng materi hasil kali kartesian. Pada artikel ini kita akan membahas beberapa materi terkait dengan hasil kali kartesian, lalu dilanjutkan dengan contoh soal agar kita semua yang membaca dapat lebih paham dengan materi ini.

So, tanpa banyak basa-basi lagi, silahkan diamati, dicermati, dipahami dengan hati, pikiran, dan jiwa yang tenang…. Ingin tahu lebih lagi tentang math?? Yukkks, lanjuutt ke materi kali ini… Let’s learn about it together!!

 

Hasil kali kartesian

Misalkan A dan B adalah himpunan-himpunan. Hasil kali kartesian A dengan B (symbol A × B) adalah himpunan semua pasangan berurutan (a, b) dengan a ∊ A dan b ∊ B.

A × B = (a, b) a ∊ A, b ∊ B

Secara umu hasil kali kartesian A1, A2, …, An didefinisikan sebagai :

A1 × A2 × … × An = {(a1, a2, …, an) | a1 ∊ A1, a2 ∊ A2, …, an ∊ An}

 

Contoh :

Misalkan A = {a, b, c} ; B= {𝝰, 𝝱, 𝞿} ; C = {1, 2}

Hitunglah A × B dan (A × B) × C

Jawab :

A × B = {(a, 𝝰), (a, 𝝱), (a, 𝞿), (b, 𝝰), (b, 𝝱), (b, 𝞿), (c, 𝝰), (c, 𝝱), (c, 𝞿)}

A × B × C =

{((a, 𝝰), 1), ((a, 𝝰), 2), ((a, 𝝱), 1), ((a, 𝝱), 2), ((a, 𝞿), 1), ((a, 𝞿), 2), ((b, 𝝰), 1), ((b, 𝝰), 2), ((b, 𝝱), 1), ((b, 𝝱), 2), ((b, 𝞿), 1), ((b, 𝞿), 2), ((c, 𝝰), 1), ((c, 𝝰), 2), ((c, 𝝱), 1), ((c, 𝝱), 2), ((c, 𝞿), 1), ((c, 𝞿), 2)}

 

Sekian dulu pembahasan artikel kali ini semoga artikel ini selalu bermanfaat bagi kita semua.

~TERIMAKASIH~

Baca juga :