Cara Mudah Penyederhanaan Bentuk Akar

Posted on
Rate this post

Cara Mudah Penyederhanaan Bentuk Akar

Hai geennggss… apa kabar kalian?? Saya harap baik selalu dong dan sehat tentunya. Kalau tidak sehat gimana mau belajar, iyakan? Nah, gimana hasil belajar mathnya? Bagi kalian yang baru aja bagi hasil semester ini, gimana nilai matematika diraportnya? Saya harap semuanya dapat nilai yang memuaskan.

Tapi, jika nilai kalian ada yang tidak memuaskan dan itu kebetulan adalah mata pelajaran matematika, jangan putus asa dan jangan menyerah ya guys. Soalnya, dengan kalian putus asa atau mudah sekali menyerah semuanya tidak akan berubah dan mungkin akan menjadi lebih buruk lagi bagi kalian. Bila kalian berpikir bahwa matematika itu sulit, maka jangan sekali-sekali berpikir seperti itu. Karena, pikiran seperti itu akan mensugesti diri kalian untuk tidak berusaha mempelajarinya. S guyss, it’s not difficult if you think “ JUST DO IT!”

kali ini kita akan membahas tentang penyederhanaan bentuk akar apa maksudnya? Maksudnya adalah ada bentuk akar yang perlua disederhanakan dengan beberapa cara tertentu. Biasanya pembahasan materi ini dibahas pada jenjang SMP kelas 9. Materi ini dibuat bertujuan agar akar-akar yang ada dapat dibuat lebih sederhana agar jika ada pengoperasian bentuk akar siswa/siswi khus SMP akan lebih mudah menyelesaikannya.

So, tanpa banyak basa-basi lagi, silahkan diamati, dicermati, dipahami dengan hati, pikiran, dan jiwa yang tenang…. Ingin tahu lebih lagi tentang math?? Yukkks, lanjuutt ke materi kali ini… Let’s learn about it together!!

 

 

Penyederhanaan bentuk akar

 

Untuk bilangan a dan b tidak negative berlaku :

 

Suatu bentuk akar dinamakan sederhana, jika bilangan di dalam tanda akar tidak mempunyai factor kuadrat sempurna.

 

Contoh :

Sederhanakan bentuk akar berikut !

  1. √8 = √4 × √2 = √22 × √2 = 2√2
  2. √12 = √4 × √3 = √22 × √3 = 2√3
  3. ∛16 = ∛8 × ∛2 = ∛23 × ∛2 = 2∛2

 

 

Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi kita semua.

~TERIMAKASIH~

Baca juga :