Belajar Mudah Pola Bilangan Segitiga Pascal

Posted on
Rate this post

Belajar Mudah Pola Bilangan Segitiga Pascal

Kali ini kita masih dalam pembahasan pola bilangan tapi berbeda dengan kemarin-kemarin kali ini kita akan membahas pola bilangan segitiga pascal. Berhubungan dengan segitiga pasti bentuknya pun akan seperti itu jadi, yooooo

Langsung aja kita lanjuuutt. Let’s learn about it together!!

 

 

Pola bilangan segitiga pascal

 

Bilangan-bilangan yang disusun menggunakan pola segitiga pascal memiliki pola yang unik. Hal ini disebabkan karena bilangan yang berpola segitiga pascal selalu diawali dan diakhiri oleh angka 1. Selain, di dalam susunannya selalu ada angka yang diulang. Adapun aturan-aturan untuk membuat pola segitiga pascal sebagai berikut.

  • Anka 1 merupakan anka awal yang terdapat di puncak.
  • Simpan dua bilangan dibawahnya. Oleh karena angka awal dan akhir selalu angka 1, kedua bilangan tersebut adalah 1.
  • Selanjutnya, jumlahkan bilangan yang berdampingan. Kemudian, simpan hasilnya di bagian tengah bawah kedua bilangan tersebut.
  • Proses ini dilakukan terus sampai batas susunan bilangan yang diminta.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan pola segitiga pascal berikut.

 

 

Aturan atau pola dari suatu barisan dapat dinyatakan dalam bentuk definisi atau dapat juga dinyatakan dalam bentuk rumusan.

Contoh :

1. Tentukan pola atau aturan dari barisan di bawah ini !

  • 1, 3, 5, 7, …

Jawab :

Aturan atau pola dari barisan bilangan : 1, 3, 5, 7, … secara definisi adalah bilangan ganjil mulai 1 atau bilangan naik yang memiliki selisih 2 yang dimulai dari 1. Sedangkansecara rumus polanya adalah Un = 2n – 1 dengan n dimulai dari 1. (untuk seterusnya kata-kata “n dimulai dari 1” tidak perlu dituliskan).

 

  • 1, 4, 9, 16, 25, …

Jawab :

Pola dari barisan bilangan : 1, 4, 9, 16, 25, .. secara definisi adalah kuadrat bilangan asli mulai dari 1. Sedangkan secara rumus polanya adalah Un = n2.

 

  • 8, 27, 64, 125, 216, …

Jawab :

Pola dari barisan bilangan : 8, 27, 64, 125, 216, … secara definisi adalah pangkat tiga dari bilangan asli mulai dari 2. Sedangkan secara rumus polanya adalah Un = (n + 1)3

 

Semoga bermanfaat.

~TERIMAKASIH~

Baca juga :